Monday, December 10, 2007

Chocolate Soup For The Soul - enjoy #21 Reasons For God

Reasons For God...

”Hai, nama saya Sinta”

“Nama saya, Joko”

Sinta dan Joko berkenalan satu sama lain dan saling bertukar biodata.

Dan mereka pun saling bertanya.

“Ngg….Joko, boleh tanya satu hal?”

”Boleh, mau tanya apa”

”Ngg... Joko agamanya apa?”

“Oh, kalau aku agama A, kalau kamu?”

”Aku agama B”

”Yah, nggak masalah tapi kan, kalau kamu agama B dan aku agama A?”

”Iya, nggak masalah lah”

”Yakin kalau perbedaan agama nggak masalah?”, bertanyalah si tuan hati dan pikiran kepada dua manusia ini. ”Ya, masalah juga sih, apalagi di negara ini!”, jawab Joko.

Masalah pertama : nikah beda agama repot! Masalah kedua : kalau sudah punya anak, bingung si anak nanti pilih agama si ibu atau si bapak!

Masalah ketiga : mau teken surat nikah pun harus sepakat di tempat ibadahnya si suami atau si istri! Masalah keempat : pasangan yang sama agama aja harus ngadepin banyak masalah, apalagi kalau ditambah masalah beda agama, ini masalah prinsip nih, Bro!

“Memangnya agama itu apaan sih, Bunda?”, tanya seorang anak kecil umur 7 tahun yang sedang belajar berdoa dengan ibunya.

”Agama itu pegangan hidup kita kalau misalkan lagi ada masalah, Nak”, jawab sang Ibu.

”Kalau lagi nggak ada masalah, udah nggak perlu agama dong, Bun?”, tanya si anak lagi.

”Nggak dong, agama itu akan kita pegang terus sampai kapanpun juga, ada atau tidak ada masalah, agama itu apa yah, agama yah, supaya kita nggak salah jalan, dan supaya kita bisa selalu bahagia dalam hidup ini, Nak”, tandas sang Ibu.

”Yuk, coba posisi duduk yang rapih, sekarang kita bersyukur yuk dan berdoa yang kyusuk”, ajak si Ibu.

”Tapi, aku lagi nggak ada masalah, dan aku kan bisa megang Bunda, kenapa aku harus beragama dan berdoa, aku bingung”, protes si anak.

Si Ibu pun sengaja menutup mata, bersikap berdoa, dan si anak pun mengikuti posisi ibunya, dalam hati masih belum puas karena pertanyaan belum terjawab dengan tuntas.

Memangnya kenapa sih orang mau beragama dan capek-capek meluangkan waktu untuk berdoa dan menjalankan ibadah?

Dari hasil analisa kasat mata saya , ada beberapa alasan kenapa orang mau serius menjalankan agama, yaitu :

1. Masih belum merasa bahagia dan puas dengan hidupnya.

2. Masih belum mendapatkan keinginan dan belum mewujudkan impian hidupnya.

3. Masih ada masalah yang tidak terselesaikan dan belum ada jalan keluarnya.

4. Untuk menghilangkan rasa takut dan gelisah akan hal-hal yang belum terjadi.

5. Supaya hidupnya lebih bernilai dan bermakna lagi.

6. Masih hidup serba kekurangan : kurang duit, kurang sehat, kurang harmonis keluarga dan perkawinannya, dan kurang tenang hatinya.

7. Takut memiliki nasib buruk dan takut mengalami malapetaka dalam hidup.

8. Demi melanjutkan amanah dari orang tua dan sebagai bukti balas budi ke orang tua.

9. Supaya bisa jadi orang kaya, bahagia, sehat, ngetop, dan sukses.

10. Karena sering mengalami musibah dan hal-hal buruk dalam perjalanan hidupnya, dan berharap tidak mengalami masalah lagi dalam hidup.

Kesimpulannya, mau beragama itu karena kita mau mencapai kondisi hati yang kuat, bebas, suci, dan tenang. Setuju atau tidak setuju?

- with a good heart, everyday is a good day – maeya 20071210 #21

No comments: