Thursday, December 06, 2007

Chocolate Soup For The Soul - enjoy #18 Life Destination

A Destination of Life...

Jakarta, 7 Desember 2007. Berita Duka Cita : Telah Meninggal dunia dengan tenang dan damai, seorang suami dari seorang perempuan yang sedang mengandung 3 bulan, baru saja menikah 5 bulan lalu. Kemarin 6 Desember 2007 siang hari Pk 13.00. Karena sakit ginjal kronis, di usianya yang belia (26 tahun) sang suami harus meninggalkan istrinya yang masih berusia 25 tahun. Surat nikah mereka masih dalam proses pembuatan. Sang istri masih dalam kondisi syok berat, tidak bisa menerima kenyataan kalau suami yang dipacarinya selama 8 tahun sejak zaman sekolah dulu ini, sudah tidak lagi ada di sampingnya lagi.

Penguburan sudah dilakukan dengan kyusuk dan tenang. Sang istri, untuk sementara berada di rumah orang tuanya, supaya bisa dijaga dengan baik, dari kemungkinan-kemungkinan untuk menyusul sang suami. Kisah cinta mereka penuh lika liku, karena mereka berbeda agama, namun saling sayang, akhirnya si suami pun mengalah dan pemberkatan nikah dilakukan sesuai keyakinan agama si istri. Mahligai pernikahan pun melaju cukup indah. Tapi...

”siapa yang sangka kan, masih muda, tau-tau bisa meninggal juga”, ungkap seorang ibu setengah baya.

”makanya deh, manfaatin waktu sebaik-baiknya, kumpulin deh tabungan kebaikan, kita nggak pernah tau sampe kapan kita masih bisa hidup”, tambah lagi seorang bapak.

”aneh, padahal sudah pacaran 8 tahun, kok nggak ketahuan yah, kalau pacarnya tuh ada kelainan ginjal, bener-bener aneh, katanya sih, ginjalnya dari depan tuh keliatan bagus-bagus aja, ternyata di bagian belakang ginjalnya sudah rusak banget”, seorang ibu berkata.

”padahal surat nikah lagi saya urusin sekarang toh”, ungkap seorang petugas pernikahan.

”tapi....dia belum hamil kan?”, tanya seorang perempuan.

”Nah, itu dia! Dia udah hamil 3 bulan, mati nggak luh!”, timpal si ibu tadi.

“Teman-teman, walau usia masih muda, bukan jaminan umur akan panjang, kesehatan bakal terjamin, buat yang suka begadang, suka ngerokok, suka makan apa aja tanpa batas, pikir-pikir lagi tuh!”, simpul seorang lelaki muda yang memutuskan untuk menjadi vegetarian.

Saya, jujur, bingung mau bercerita mulai dari mana. Cuma mau cerita, hidup seperti sebuah perhentian sementara, setiap orang punya kesempatan untuk menggunakan sisa-sisa hidupnya untuk melakukan apa yang selama ini menjadi tugas kelahirannya. Umur? Ada yang bilang, umur ditentukan Yang Diatas, namun ada juga yang bilang, umur seseorang tergantung dari tumpukan karma baik dan buruk dalam perjalanan hidupnya dari ribuan tahun lalu sampai detik sekarang dia masih hidup. Umur bisa diperpanjang, kok! Siapa bilang? Kalau memang sudah waktunya meninggal, ya meninggal aja toh! Bisa diperpanjang kok! Dengan selalu mengisi hari dengan hal positif, jaga badan, jaga pikiran, selalu happy!

Setahun ini beberapa teman meninggal dunia di usia yang masih tergolong muda. Seorang teman (perempuan, 25 tahun) meninggal dunia sekejap setelah keluar dari gang rumahnya dan ada angkot yang menabrak dirinya. Seorang teman (lelaki, 25 tahun) meninggal dunia karena sakit typus dan demam berdarah secara bersamaan. Ada lagi kisah 4 tahun lalu, teman saya (waktu itu berusia 25 tahun) meninggal dunia ketika melahirkan bayi laki-lakinya yang terlalu besar dibandingkan ukuran panggulnya yang sangat mini. Empat hal yang tidak akan bisa dihindari oleh mahluk di dunia ini : lahir, tua, sakit, mati. Sidharta Gautama, lahir di keluarga yang kaya raya, namun memutuskan untuk keluar dari istana untuk mencari jawaban dari 4 masalah hidup ini. Ayah Sidharta melakukan segala cara untuk membatalkan niat putranya dan berjanji akan memenuhi segala keinginan putranya, asalkan Sidharta mau tetap berada di istana. Sidharta pun meminta satu hal kepada ayahnya. “Baiklah, kalau Ayah bisa membebaskan saya dari 3 hal ini : tua, sakit, dan mati, saya berjanji akan mengikuti kehendak Ayah untuk tetap di istana”, ungkap Sidharta. Ayah Sidharta tidak bergeming dan tidak mampu memenuhi keinginan putranya yang satu ini. Sidharta pun pergi berkelana untuk mencari jawaban dan makna dari kelahiranNya di dunia.

- with a good heart, everyday is a good day – maeya 20071207 #18

No comments: