Monday, November 12, 2007

Belajar

Belajar.
Setiap hari itu kesempatan buat belajar.
Belajar apa saja.
Selama ini konsep belajar selalu identik dengan belajar ilmu kepintaran, mulai dari belajar bahasa, belajar pengetahuan bidang tertentu, atau belajar masak, belajar menyanyi, belajar menari, dan laen-laen.
Lately, gue fikir, banyak hal yang perlu gue pelajari secara serius, yang nggak bisa didapet di lembaga pendidikan sekolah atau kursus atau apapun itu. Kalau di tempat kerja, banyak hal yang bisa gue pelajari, mulai dari techinal, sampe social skill, dan kemampuan berpikir. Dan ketika bertemu banyak orang, yang macem-macem, gue pun belajar banyak hal dari mereka.

Untuk saat ini sih gue lagi curious banget untuk belajar hal-hal baru, mulai dari belajar skill dan non skill :
Belajar untuk lebih banyak tertawa setiap harinya
Belajar untuk positif dan nggak mudah negative ngadepin situasi apapun juga
Belajar untuk menikmati hidup dengan segala kondisinya
Belajar untuk mencintai orang lain tanpa harepin imbalan balik darinya
Belajar untuk hidup sederhana...
Belajar untuk menghargai uang
Belajar untuk mengendalikan nafsu belanja dan nafsu untuk belanja yang nggak perlu
Belajar untuk lebih sabar
Belajar untuk lebih banyak diam daripada bicara yang nggak perlu
Belajar untuk nggak defensif ketika ada orang mengkritik gue dengan pedas dan tajam
Belajar untuk tersenyum dari hati
Belajar untuk tertawa ketika bangun tidur di pagi hari
Belajar untuk menyayangi dan merawat tubuh gue dengan maksimal
Belajar untuk mengungkapkan isi hati gue dengan apa adanya
Belajar untuk jujur pada hati dan diri gue sendiri
Belajar untuk menghitung berkah-berkah yang sudah pernah gue dapet
Belajar untuk selalu membayangkan hal-hal indah di pikiran ini
Belajar untuk melupakan sejenak pengalaman-pengalaman buruk yang pernah gue alami
Belajar untuk syin (percaya), gyo (melaksanakan), dan gaku (belajar)
Belajar untuk tersenyum dari hati
Belajar untuk nggak mengeluh
Belajar untuk bahas hal yang positif aja (ini ilmu dari The Secret nich)
Belajar untuk membaca mantra ketika lagi bengong
Belajar untuk lebih dekat lagi sama orang-orang yang haus kasih sayang
Belajar untuk mensyukuri harta jiwa gue (well masih bisa nafas sampai detik gue menulis ini), harta badan (kesehatan, organ-organ tubuh yang bisa gue pake sekarang dan masih berfungsi), dan harta benda (makanan, baju, rumah yang gue miliki sekarang ini). Anyway, udah ada semua ini rasanya udah cukup nggak sih.

Ada juga hal lain yang pingin gue pelajari, kali ini, skill :
Belajar bahasa Korea
Belajar film dan drama di Korea, Seoul
Belajar main teater bareng Putu Wijaya
Belajar jadi manager artis dan superstar
Belajar main sinetron/ film
Belajar S2 jurusan film dan TV di Australia
Belajar masak sup ayam arak, soto Betawi, Soto tangkar, sayur asem, puding coklat, kue coklat yang melt, pempek yang super pedas.
Belajar bikin kue coklat seperti yang buatan dapur coklat
Belajar Psikologi Positif di USA bareng Selignman

Belajar make up pengantin dan make up film
Belajar ilmu konseling lanjutan buat orang-orang stress
Belajar filsafat
Belajar tari balet
Belajar piano lanjutan dan main lagu ballade pour adeline

Belajar sanggul rambut dan gunting rambut
Belajar creative writing di Australia

Apa lagi yah?
Itu dulu deh…oh yah, yang terakhir adalah belajar untuk melakukan hal-hal yang bakal gue sesalkan kalau gue nggak coba, seperti : belajar untuk jujur sama orang yang kita sayangi dan menyatakan rasa sayang ke orang itu. Halah.

No comments: