Sunday, November 16, 2008

waktu & sasaran hidup

Masih berkaitan dengan tulisan sebelumnya, mengenai manajemen waktu. Langsung aja ke pembahasannya biar to the point gitu :D. Waktu merupakan hal yang berharga bagi setiap manusia, waktu terus berjalan tanpa bisa diberhentikan atau diulang kembali. Dan waktu pun sangat berkaitan erat dengan sasaran dari tujuan hidup manusia, karena tujuan hidup seseorang ada di masa depan sehingga kita merencakan sesuatu selalu untuk masa depan bukan masa lalu. Jim Dornan dan DR. John C. Maxwell menyatakan di bukunya yang berjudul Strategi Menuju Sukses “Jika Anda menghargai waktu Anda, rencanakanlah terlebih dahulu bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda itu.”

Kita sering menjalani sisa kehidupan ini dengan menganggap enteng waktu itu dan akhirnya bergerak tetapi tidak pada tujuan. Oleh karena itu kita harus selalu memeriksa rencana masa depan itu sehingga kita tahu apakah kita bergerak di jalur yang benar atau tidak. Peter Drucker yang merupakan bapak manajemen amerika mengatakan bahwa, “Waktu adalah sumber yang paling langka dan jika tidak dikelola dengan benar maka tidak ada sesuatu lagi dapat dikelola.” Ketika kita sedang tidur, blogwalking, duduk, sedang istirahat, atau sedang bermalas-malasan, waktu akan terus berjalan.

Waktu tak akan pernah berhenti, tak akan pernah capek atau istirahat, dan waktu tidak bisa dibeli dengan apapun. Bahkan Thomas Alfa Edison ketika ditanya mengenai hal yang paling penting di dunia, dia menjawab “Waktu“.

Mari kita jadikan waktu sebagai teman kita, dengan kita berteman, kita akan rencanakan untuk mencapai sasaran di masa depan kita bukan menjadikan lawan yang akan menghancurkan rencana masa depan kita. Perlu diketahui menurut penelitian Carl G. Goeller Cs, seorang anak akan menggunakan 12.000 jam waktunya di sekolah sepanjang hayatnya, sedangkan 15.000 jam waktunya digunakan untuk menonton televisi. Bagaimana dengan waktu yang kita miliki?

Masih ingin membaca tulisan mengenai manajemen waktu yang lain? nantikan tulisan lainnya hanya di FBCom ini.

Photo: real-time-web-metrics.com

No comments: