Wednesday, November 19, 2008

makanan pembangkit mood

Punya cukup energi, tubuh yang bugar dan mood yang stabil adalah pedoman penting untuk menghadapi situasi penuh tekanan. Dalam keadaan seperti ini, jangan salah pilih asupan makanan karena apa yang kita makan bisa mempengaruhi mood. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memperbaiki suasana hati.

Karbohidrat kompleks
Makanan yang masuk dalam perut kita ternyata ikut menentukan kebugaran tubuh sepanjang hari. Elizabet Somer, penulis buku Food & Mood, menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna. "Makanan yang dicerna dan diserap perlahan akan menjaga cadangan gula darah dalam tubuh sehingga suasana hati pun lebih stabil," katanya.

Apa hubungan antara gula darah dan mood? Bila suplai gula radah menurun, hal ini bisa mengganggu aliran oksigen ke otak, akibatnya konsentrasi pun ikut terganggu dan tubuh terasa lemas. Kondisi ini tentu mengganggu mood kita. Karena itu pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti sereal biji gandum utuh, beras merah, roti gandum, atau kentang.

Serotonin
Makanan berprotein tinggi mungkin bagus untuk program diet Anda, tapi makanan jenis ini tidak bisa menyalakan semangat. Agar Anda lebih bersemangat, tubuh memerlukan serotonin, hormon yang menimbulkan rasa senang, yang terdapat dalam karbohidrat.

"Karbohidrat sangat penting untuk memindahkan tryptophan (asam amino yang menghasilkan serotonin) di otak," kata Susan M.Kleiner, PhD, penulis buku The Good Mood Diet. Selain itu serotonin juga berperan untuk mengirimkan sinyal ke otak bila perut kita sudah kenyang sehingga kita tak makan berlebihan.

Selain karbohidrat, ada beberapa makanan lain yang tak cuma sehat tapi juga membantu hati ceria lagi.
- Asam lemak omega 3
Sebuah studi populasi menunjukkan orang yang rutin makan ikan yang kaya lemak omega-3 lebih jarang terkena depresi. Selain tuna, salmon, makarel, dan sardin, temukan juga omega-3 pada kacang-kacangan serta sayuran berdaun hijau gelap.

- Vitamin B-12
Penelitian menunjukkan orang yang kekurangan vitamin B-12 lebih beresiko kena depresi. Sumber vitamin B-12 terabaik adalah daging tanpa lemak seperti ikan dan produk susu rendah lemak.

- Selenium
Sebuah studi awal mengindikasikan bahwa selenium bisa mengurangi depresi. Meski masih diperlukan penelitian lanjutan, namun makanan yang kaya selenium, seperti makanan laut, kacang, daging tanpa lemak, dan buncis, disarankan untuk dikonsumsi saat suasana hati sedang kelabu.

No comments: