Tuesday, October 21, 2008

Healthy Life

Kesehatan itu sungguh berharga. Ada beberapa hal yang sempat terabaikan.
1. Kesehatan mata. Sering berhadapan di layar komputer, layar Tv,membaca sambil tiduran, sempat membuat mata lelah, otot mata nyut-nyutan, dan mata merah, padahal mata itu jendela dunia, hanya dengan mata kita bisa melihat dunia nyata, segala warna warni dunia.
2. Sariawan. Bukan sekedar kurang vitamin C saja, tapi bisa disebabkan karena masalah pencernaan dan stress berat. Bisa diatasi dengan selalu standby stok vitamin C dosis tinggi (rekomendasi : Zevit Grow, vitamin C dosis tinggi dan ada kandungan kalsium juga). Stress ternyata menyebabkan sariawan juga. Sariawan terlalu sering bisa menjadi awal muasal kanker mulut, sehingga ada baiknya selalu jaga kebersihan mulut, obat kumur (Betadine well recomended), dan juga banyak konsumsi buah dan sayur, sikat gigi teratur, dan selalu menjaga keseimbangan hidup.
3. Tekanan Darah kurang normal. Terlalu lelah, kurang tidur, pola makan kacau, bisa bikin tekanan darah kacau. Tekanan darah rendah katanya lebih baik daripada tekanan darah tinggi, tapi tetap saja dua dua nya penyebab stroke. Gejala tekanan darah rendah : sesak nafas, diare, dan juga mudah letih dan gampang pingsan. Bisa makan daging kambing, makanan kadar garam tinggi, dan juga olahraga. Bertolak belakang dengan tekanan darah tinggi, justru nggak boleh banyak konsumsi makanan bergaram.
4. Kesehatan ginjal. Sekarang walau masih usia belasan bisa terserang sakit ginjal. Bisa karna sering makan makanan padang 3 kali sehari, yang santennya sangat kental. Dan juga minum coca cola dan minuman soda terlalu banyak, dan juga jika terlalu sering konsumsi obat-obat sejenis aspirrin, bisa merusak ginjal. Ada dua jenis ginjal. Ada yang disebut batu ginjal, karena jarang minum air putih. Dan ada juga kerusakan ginjal atau gagal ginjal karena sering konsumsi makanan kurang sehat, sehingga ginjal jadi rusak. Di kasus ini justru tidak boleh terlalu banyak minum air putih.
Stress menjadi sumber munculnya berbagai penyakit. Stress pun muncul karena nggak puas dengan hidup, kaget dengan perubahan hidup, nggak tau gimana menghadapi stressnya. Stress pun dikarenakan jarang bersyukur, padahal sudah punya organ tubuh utuh itu udah bener-bener beruntung banget...
Note : buah delima bagus untuk kesehatan tubuh. Madu juga bagus dikonsumsi (Sebaiknya sebelum tidur minum madu, supaya bisa perbaikan sel-sel tubuh dengan efektif).

No comments: