Thursday, April 03, 2008

Single Forever

SINGLE FOREVER

Jefry Rahmat

Baik atau buruknya suatu hub tergantung dari siapa saja yang terlibat dari hubungan itu. Banyak orang yang tidak mengerti tentang relationship. Hubungan dalam arti hubungan antar teman, pacaran atupun hub pernikahan. Contoh : jeruk yang langsung diperas dari mesinnya, ketika dicoba manis sehingga dibeli ketika dibawa ke rumah jus jeruk, tetapi ketika anaknya mencoba rasanya tidak enak. ternyata dari semua jeruk yang diperas, ada jeruk yang buruk sehingga membuat semuanya menjadi tidak enak, contoh lain adalah omelet, bila ada satu telur busuk yang disatukan dengan telur lain yang baik,maka telur busuk dapat over power, lebih berkuasa dari yang lain, mengalahkan yang baik, dan ketika telah diaduk dan disatukan menjadi omelet, telur tersebut tidak dapat dijadikan telur seperti semula lagi, sama seperti sebuah pernikahan.

Kej 2:18 alone / seorang diri saja bukan single, alone = sendiri, eklusif, terisolasi. alone belum tentu lonely, tidak baik bagi seseorang untuk seorang diri saja, karena kasih tidak dapat berdiri sendiri, sifat dasar dari kasih ialah memberi, God is love supaya Ia bisa mengasihi maka diciptakan manusia, supaya Dia bisa memberikan kasihNya sehingga dengan demikian kasih menjadi sempurna. Si penerima kasih harus menjadi sama dengan si pemberi kasih. Hal sama terjadi pada adam sehingga dicipatakan hawa, agar adam bisa memberi kasihnya. Wanita diciptakan untuk menerima kasih. Woman is a receiver, man is a giver. Hal ini dapat dilihat dari organ seksualnya. Wanita bukan hanya penerima tetapi juga pengandung. Hati2 dengan saudara (laki2) beri kepada dia, juga dalam perkataan, jangan sembarang bicara. Suatu saat saya pernah tidak sengaja, tidak bermaksud mengatakan demikian kepada istri saya, tetapi istri saya menerima dan tidak dikembalikan saat itu juga, tetapi dikandungnya dan dikembalikan berminggu2 kemudian dan dikembalikan dengan kedahsayatan sendiri. Jangan taruh yang negative, beri yang positif sehingga saat dikembalikan berlipatkali ganda adalah hal yang positif. Manusia tidak dapat sendiri untuk memperoleh keturunan, talenta dan kemampuan dapat dikembangkan sendirian, tapi untuk mengembangkan karakter diperlukan orang lain, maka dari itu Tuhan berkata tidak baik manusia seorang diri saja, alone = all in one, sendiri, menyendiri, terisolasi, tidak punya teman. It’s not gud to be alone, but it’s gud to be single. Single = tunggal, utuh, komplit, tidak terpisahkan, unik. Tuhan tidak berkata it’s not gud to be single, lalu bagaimana dengan Yesus sendirir ataupun Paulus. Adam single, komplit, utuh sebelum dia bertemu dengan wanita yang kemudian dia beri nama hawa. Tuhan menciptakan adam single, utuh, komplit. kej 1 : 31. Tidak tercatat adam mencari sesuatu untuk komplit, tidak mencari kekosongan dirinya. Pada dasarnya Adam sangat sibuk melakukan pekerjaannya, yaitu mengusahakan dan memelihara taman eden, daqn menamai semua binatang, begitu sibuknya adam shg dia tidak butuh teman. Tuhan yang menilai, adam tidak sadar, adam tidak pny problem dengan kesendiriannya.

Wanita tidak diciptakan untuk membuat pria menjadi komplit, karena adam sudah komplit sebelum bertemu dengan Hawa. Tuhan berkata, “Aku akan menjadikan penolong baginya.” Contoh : saya bisa mengangkat barang sendirian, tetapi akan lebih mudah jika ada seorang penolong, tapi saya ga perlu penolong untuk mengangkat benda itu, tetapi ketika ada penolong kita akan lebih merasa mudah. Kita tidak perlu menikah untuk dapat masuk surga, untuk jadi berkat bagi org lain, untuk mendapat urapan. Dan sdr tdk prl mnikah utk dapat menerima panggilan Tuhan. kapan saudara siap untuk mendapat pasangan, yaitu ketika anda tidak merasa membutuhkannya, karena pada saat itu saudara komplit. Singleness harus dicapai oleh orang terlebih yang mau menikah, hanya org yg single yang siap masuk ke dlm pernikahan. pernikahan harus terdiri dari 2 orang yang single, antara pria yang utuh dan wanita yg utuh. Ttpi yg srg tjd adl org menikah dengan org yg saling tidak utuh. Ilustrasi : gelas tidak utuh dengan gelas yang tidak utuh, ini yg sering terjadi antara pria & wnt yang tidak utuh. Jika salah satu memenuhi yang lainnya, dan berkata bersama dia aku komplit tetapi gelas yang satunya menjadi…? sehingga yang terjadi dalam pernikahan saling tarik menarik. Kita harus mengerti The basic of relationship. Are u single? matius 22:39 supaya kita bisa mengasihi kekasih kita, istri kita, suami kita, mertua, menantu yaitu kita harus mengasihi diri sendiri, kalau kita tdk dpt mengasihi diri sendiri, kita tdk dpt mengasihi org lain. Mengasihi diri sendir bukan berarti egois, ttpi mengasihi diri sdr disini adl utuh, komplit. Bagaimana caranya dapat mengasihi diri sendiri :

1. mengenali diri sendiri ( pertanyaan mengenai identitas )

Apakah saudara tahu siapa diri anda dalam Tuhan, tahukah kenapa anda ada disini didunia?

2. menerima diri sendiri

Yesus tahu siapa dirinya dan dpt menerima dirinya Yoh 8 : 14.

Hal yang paling mengerikan adalah orang yang tidak single menikah dengan yang tidak single sehingga banyak perceraian tjd dan org tdk bahagia dlm pernikahnnya. adalah lebih aman menunda suatu pernikahan daripada melaksanakannya ketika belum utuh. Amsal 25 : 28, hanya org yg pnh yg bs mengendalikan hidupnya. org yg tidak utuh tdk dpt memberikan apa2 kpd pasangannya, krn tujuannya mencari pasangan adalah dia sibuk mencari kekosongan dirinya. Untuk dapat mengisi kekosongan hidup kita hanya Tuhan. Mat 6 : 33. sdr tdk prl seorg wanita / laki2 untuk menjadi komplit. Saudara harus tahu tujuan hidup saudara, bisa mengasihi diri sendiri. kunci menuju kebahagiaan adl bila kita menjadi utuh, mengenali keadaan kita dlm Thn baik kita dalam keadaan menikah ataupun tidak menikah. ktk org yg tidak single menikah dengan yang single dia akan merusak pasangannya, apalagi dengan yg tdk single akibatnya adalah ketidak bahagiaan dan perceraian. Pernikahan adl utk pria dan wanita yang telah utuh, kita tidak saling mengosongkan tetapi saling melengkapi. saat pasangan kita tidak ada lagi kita tidak akan terpuruk karena kita sudah utuh. Menikah atau tidak STAY SINGLE!!!

No comments: